Welcome to my blog..... Thank's to visit...! Jangan lupa? tinggalkan komentar anda...

Glitter Words
Glitter Words

Jumat, 06 Januari 2012

Makalah Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Cahaya matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan seluruh makhluk hidup didunia. Bagi manusia , hewan dan tumbuhan cahaya matahari adalah penerang dunia ini. Selain itu, bagi tumbuhan khususnya yang berklorofil cahaya matahari sangat menentukan proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses dasar pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Makanan yang dihasilkan akan menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.Kekurangan cahaya matahari akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Selain itu, kekurangan cahaya saat pertumbuhan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi, dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat ( tidak hijau ). Semua ini terjadi dikarenakan tidak adanya cahaya sehingga dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk penunjang sel – sel tumbuhan sebaliknya, tumbuhan yang tumbuh ditempat terang menyebabkan tumbuhan – tumbuhan tumbuh lebih lambat dengan kondisi relative pendek, daun berkembang, lebih lebar, lebih hijau, tampak lebih segar dan batang kecambah lebih kokoh.
Misalnya saja pada tanaman kacang hijau. Bagi orang Indonesia tanaman adalah tanaman yang penting, karena Indonesia terkenal dengan makanan yang bernama bubur kacang hijau yang biasanya disantap untuk menghangatkan badan. Namun dibalik segala kegunaan pertumbuhan kacang hijau yang baik itu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah cahaya .Mengapa hal itu bisa terjadi ? ,mungkin sebagian orang tidak mengetahui sebabnya. Oleh sebab itu saya memilih permasalahan ini sebagai poin penting dalam pembuatan makalah ini. Saya ingin membuktikan bahwa teori yamg sudah ada itu benar.

B.     Rumusan Masalah
Bagaimanakah pengaruh cahaya matahari perhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau ?
Bagaimanakah perbedaan tanaman kacang hijau yang diletakan diruang yang terkena sinar matahari secara langsung, terkena cahaya melalui celah dan diruang yang sangat sedikit cahayanya?



C.     Hipotesa
Hipotesa penelitian ini adalah jika tumbuhan kacang hijau diletakan diruang yang langsung terkena cahaya maka pertumbuhannya akan lebih lambat namun daunnya tampak lebih lebar, tebal, hijau tampak segar & batang kecambah tampak kokoh. Jika diruang dimana cahaya masuk hanya melalui bagian celah-celah tertentu saja maka tanaman kacang hijau ini akan mengarah ke arah datangnya cahaya itu. Dan jika di ruang yang kekurangan cahaya maka batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah, daunnya berukuran kecil, tipis & berwarna pucat.

D.    Tujuan Penelitian
Dari penelitian ini adalah untuk mengetahui & membuktikan pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.

E.     Manfaat Penelitian
Sebagai sumber informasi bagi sebagian orang yang belum mengetahui pengaruh cahaya  bagi tumbuhan kacang hijau.
Sebagai sumber informasi dalam pengembangan teknologi pertanian.











                                                      BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.       Kajian Teori
Banyak faktor yang mepengaruhi pertumbuhan di antaranya adalah faktor genetik untuk internal dan faktor eksternal terdiri dari cahaya, kelembapan, suhu, air, dan hormon. Untuk proses perkecambahan banyak di pengaruhi oleh faktor cahaya dan hormon, walaupun faktor yang lain ikut mempengaruhi. Menurut leteratur pertumbuhan dipengaruhi oleh hormon auksin , jika melakukan pertumbuhan di tempat yang gelap maka akan tumbuh lebih cepat namun bengkok, hal itu disebabkan karena hormon auksin sangat peka terhadap cahaya, jika pertumbuhannya kurang merata. Sedangkan di tempat yang pertumbuhan akan terjadi relatif lebih lama, hal itu juga di sebabkan pengaruh hormon auksin yang aktif secara merata ketika terkena cahaya. Sehingga di hasilkan tumbuhan yang normal atau lurus menjulur ke atas
Sinar matahari memang berguna bagi fotosintesis pada tumbuhan, namun efek lain dari sinar matahari ini adalah menekan pertumbuhan sel tumbuhan. Hal ini menyebabkan tumbuhan yang diterpa cahaya matahari akan lebih pendek daripada tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap. Peristiwa ini disebut dengan etiolasi, yaitu pertumbuhan sel tumbuhan yang sangat cepat di tempat gelap. Etiolasi = fenomena yang diperlihatkan tumbuhan yang tumbuh dalam gelap, bercirikan warna pucat, ruas panjang-panjang, dan daun kecil.
Dampak tanaman akibat etiolasi adalah tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis. Padahal proses fotosintesis bertujuan untuk menghasilkan karbohidrat yang berperan penting dalam pembentukan klorofil. Karena karbohidrat tidak terbentuk, daun pun tanpa klorofil sehingga daun tidak berwarna hijau, melainkan kuning pucat. Kondisi gelap juga memacu produksi hormon auksin. Auksin adalah hormon tumbuh yang banyak ditemukan di sel-sel meristem, seperti ujung akar dan ujung batang. Oleh karena itu, tanaman akan lebih cepat tumbuh dan panen.

B.     Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau
Nama umum
Indonesia:
Kacang hijau
Cina:
chi xiao dou

Kingdom   : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom          : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi          : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                     : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                     : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas  : Rosidae
Ordo                       : Fabales
Famili                    : 
Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus :       
Phaseolus
Spesies      : Phaseolus radiatus L.
C.    Morfologi Tanaman Kacang Hijau
Tanaman kacang hijau berbatang tegak dengan ketinggian sangat bervariasi, antara 30 60 cm, tergantung varietasnya. Cabangnya menyamping pada bagian utama, berbentuk bulat dan berbulu. Warna batang dan cabangnya ada yang hijau dan ada yang ungu.
 Daunnya trifoliate (terdiri dari tiga helaian) dan letaknya berseling. Tangkai daunnya cukup panjang, lebih panjang dari daunnya. Warna daunnya hijau muda sampai hiaju tua. Bunga kacang hijau berwarna kuning, tersusun dalam tandan, keluar pada cabang serta batang, dan dapat menyerbuk sendiri. Polong kacang hijau berebntuk silindris dengan panjang antara 6-15 cm dan biasanya berbulu pendek. Sewaktu muda polong berwarna hijau dan dan setelah tua berwarna hitam atau coklat. Setiap polong berisi 10-15 biji. Biji kacang hijau lebih kecil dibanding biji kacang-kacangan lain. Warna bijinya kebanyakan hijau kusam atau hijau mengilap, beberapa ada yang berwarna kuning, cokelat dan hitam . Tanaman kacang hijau berakar tunggang dengan akar cabang pada permukaan.

D.    Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      Nutrisi                                                           
2.      Air 
3.      Suhu
4.      Kelembapan udara
5.      Oksigen
6.      Cahaya
7.       Tingkat kesamaan & basa (PH)



BAB III
METODE
A.    Menentukan variabel-variabel :
Variabel bebas       : Cahaya matahari
Variabel terikat     : tinggi tanaman kacang hijau, warna daun, kokoh tidaknya tanaman kacang hijau 
Variabel  kontrol   : biji kacang hijau dan media tanam

B.     Merancang Penelitian
Media I     : Perlakuan ditempatkan pada tempat yang cukup cahaya matahari
Media II    : Perlakuan ditempatkan pada tempat yang mendapatkan cahaya sebelah kanan
Media III  : Perlakuan ditempatkan pada tempat yang mendapatkan cahaya sebelah kiri
Media IV  : Perlakuan cahaya pada tempat gelap
C.    Sasaran Penelitian
Populasi     : Semua biji kacang hijau
Sampel      : 4x5 biji kacang hijau

D.    Instrumen
1.      Alat :
·                     Aqua gelas
·                     Penggaris
·                     Kapas
·                     Kardus
2.      Bahan :
·                     20 kacang hijau
·                     Air
·                     Sinar Matahari
E.     Cara Kerja :


1.        Menentukan variable-variabel.
-Variabel bebas                : cahaya matahari.
-Variabel terikat               : tinggi tanaman kacang hijau, warna daun, kokoh tidaknya tanaman kacang hijau
2.  Menyiapkan alat bahan.
 3.  Memasukan kapas kedalam aqua gelas lalu memberinya sedikit air
4. Menanam 5 biji kacang hijau ke setiap aqua gelas & meletakannya ke 4 tempat  yang berbeda intensitas cahaya.
5. Menyirami tanaman kacang hijau setiap hari.
6. Mengukur tinggi tiap-tiap tanaman kacang hijau setiap hari.
7. Mengamati perbedaan-perbedaan yang terjadi antara tanaman di aqua gelas 1,2, 3 dan 4.misalnya tingginya.
8. Mencatat hasil pengukuran & pengamatan kedalam tabel hasil penelitian.













BAB IV
RANCANGAN DATA
A.    Data
Hari pengamatan
Tinggi batang tanaman kacang hijau (rata-rata)
Media I
Media II
Media III
Media IV
I
0,2
0,4
0,2
1,5
II
2,3
2,2
2,4
3,7
III
5,5
7
6,2
8
IV
8,2
10,4
11
12,7
V
12
16,3
17,8
19
VI
15,9
20,7
21
25,8
VII
18,8
22
25
28

B.     Analis Data
 Didasari atas hasil pengamatan yang telah dilakukan, ternyata ada perbedaan kecepatan tumbuh tumbuhan kacang hijau di tempat yang terang,di tempat yang kekurangan cahaya matahari (dilubangi) dan di tempat yang gelap. Pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat pertumbuhannya dari pada di tempat yang terang . Hal ini disebabkan karena adanya hormon auksin yang terdapat dalam batang kecambah, di mana pada daerah gelap,konsentrasi auksin lebih tinggi sehingga sel akan memanjang lebih cepat dibandingkan kecepatan pemanjangan sel di daerah lebih terang karena cahaya dapat menguraikan  auksin ( hormonper tumbuhan ) sehingga cahaya matahari dapat menghambat pertumbuhan kecambah. Adapun akibatnya jika kecambah disimpan di tempat gelap untuk waktu yang cukup lama yakni kecambah menjadi pucat karena kekurangan klorofil, kurus, dan daun tidak berkembang,bahkan tanaman tersebut akan layu dan mati. Menurut saya, yang lebih baik bagi pertumbuhan tanaman ditempat yang terang karena berdasarkan hasil praktikum dan pengamatan saya selama seminggu, tanaman di tempat yang teranglah yang bagus pertumbuhannya karena tumbuhan itu pada umumnya harus membutuhkan cahaya matahari, walaupun pertumbuhannya sedikit lebih lambat dari pada di tempat yang gelap. Di tempat terang, tanaman dapat memperoleh cahaya yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis yang berpengaruh langsung pada tersedianya makanan, utamanya klorofil yang dibuat dari hasil-hasil fotosintesis.

Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman adalah yang paling nyata dapat diamati dengan membandingkan satu macam tumbuhan yang tumbuh dalam keadaan cahaya normal dan ada yang tumbuh pada keadaan gelap. Keadaan gelap berpengaruh terhadap bentuk luar tumbuhan dan laju perpanjangannya. Tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap akan tumbuh lebih cepat dari pada yang diletakkan di tempat yang terkena cahaya.Akan tetapi, tumbuhan menjadi cepat karena kekurangan klorofil,kurus, dan daun tidak berkembang. Tumbuhan seperti itu disebut mengalami etiolasi . Dalam keadaan tidak ada cahaya, auksin merangsang pemanjangan sel-sel, sehingga tumbuhan tumbuh lebih panjang. Sebaliknya, dalam keadaan banyak cahaya, auksin mengalami kerusakan sehingga tumbuhan tumbuh lebih pendek.
Dan tanaman yang terkena cahaya melalui celah-celah yaitu celah sebelah kiri maupun kana pertumbuhannya lumayan cepat, daunnya pucat, daunnya sedang, berwarna hijau, batang menuju arah datangnya cahaya (apabila cahaya  dating dari sebelah kiri atau kanan maka tumbuhan tersebut akan menuju kesumber datangnya cahaya matahari, batang tidak kokoh.













BAB V
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Jadi kesimpulannya adalah cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau. Dimana tanaman yang terkena cahaya matahari secara langsung pertumbuhannya lebih lambat, daunnya lebih lebar & tebal, berwarna hijau, batang tegak, kokoh. Dan tanaman yang terkena cahaya melalui celah-celah pertumbuhannya lumayan cepat, daunnya pucat, daunnya sedang, berwarna hijau, batang menuju arah datangnya cahaya, batang tidak kokoh. Sedangkan tanaman yang tidak terkena cahaya matahari pertumbuhannya lebih cepat & mempunyai batang yang lebih tinggi, daunnya kecil, tipis, berwarna pucat, batang melengkung, tidak kokoh. Cahaya merupakan faktor eksternal atau luar yang mempengaruhi pertumbuhan & perkembangan pada tumbuhan.

B.     Kritik
Saya menyadari dalam pembuatan makalah ini jauh dari kesempurnaan karena itu semua merupakan kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan.
C.    Saran
Sebaiknya percobaan dilakukan dalam waktu yang lebih lama agar terlihat lebih jelas dan lebih detail dalam menyimpulkan perbedaan antara tumbuhan yang cukup cahaya terkena secara langsung, yang terkena cahaya melalui celah, & sama sekali kurang cahaya matahari. Juga peralatan yang lebih komplit dan modern.









Daftar Pustaka
www.google.com






















LAMPIRAN
1.      Jadwal Penelitian
Jadwal penelitian mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau adalah sebagai berikut :
Kegiatan
Waktu
Menyusun proposal
Senin,17/10/2011
Mnyiapkan alat dan bahan
Kamis,20/10/2011
Melakukan percobaan
Sabtu,22/10/2011
Melakukan penelitian
Minggu,23/10/2011 sampai
Sabtu, 29/10/2011
Menulis laporan peelitian
Minggu,30/10/2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISI DARI POP UP